Aktivis Gamari Sorot Lima Paket Pekerjaan Peningkatan Jalan

Ada Potensi Kerugian Kas Daerah di Dinas PUPR Bengkalis  Rp1.030.410.799,52

Di Baca : 2739 Kali
ist

Bengkalis, Detak Indonesia -- Berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), pada lima paket pekerjaan Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau terdapat ketidaksesuaian hasil pekerjaan dengan spesifikasi dan kekurangan volume dengan nilai sebesar RpRp1.030.410.799,52.

Di dalam laporan BPK mengatakan pemeriksaan secara uji petik menunjukkan bahwa salah satu pekerjaan utama pada pembangunan jalan adalah perkerasan beton semen atau perkerasan kaku. 

Perkerasan kaku didefinisikan sebagai struktur perkerasan yang terdiri atas plat beton semen yang bersambung (tidak menerus) dengan atau tanpa tulangan, atau plat beton menerus dengan tulangan, yang terletak di atas lapis pondasi bawah. Sesuai dengan spesifikasi kontrak, mutu beton yang digunakan harus mencapai kuat lentur minimum 45 kg/cm2.

Sedangkan mutu beton dipengaruhi antara lain oleh kualitas semen, proporsi semen terhadap air, kekuatan dan kebersihan agregat, adhesi antara pasta semen dengan agregat, pencampuran yang cukup dari bahan pembentuk beton, perawatan pada temperatur optimal, kecepatan vibrator dan lain-lain. Dalam rangka menjaga mutu beton tersebut, penyedia harus mengajukan rincian proposal rencana pengendalian mutu. 

Spesifikasi Bina Marga 2010 Revisi 3 pada Divisi 5 Seksi 5.3 tentang Perkerasan Beton menyatakan penyedia harus melakukan percobaan sepanjang minimum 150 m tetapi tidak lebih dari 300 m yang dilakukan di daerah kerja permanen.

Plt Kadis PUPR Bengkalis Ardiansyah

BPK bersama dengan PPK, PPTK, Penyedia dan konsultan pengawas melakukan pemeriksaan dengan pemboran beton inti dengan diameter 15 cm. Atas beton inti tersebut, dilakukan pengujian kuat tekan di Laboratorium Bahan Universitas Riau untuk memperoleh nilai kuat lentur atas pekerjaan terpasang.






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar